Pelanggaran Maksim Pada Iklan Obat

Ekasani, Kadek Ayu Pelanggaran Maksim Pada Iklan Obat. In: PUTRA BAHASA. Udayana University Press.

[img] Text
Bk Putra Bahasa.pdf

Download (665kB)

Abstract

Bahasa mempunyai fungsi yang penting bagi manusia terutama fungsi komunikatif. Bahasa memiliki tuturan yang bisa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi, pendapat, fakta, berita dari penutur. Bahasa iklan juga memiliki tuturan-tuturan yang bisa digunakan untuk menarik perhatian dan minat penonton. Pembuat iklan biasanya menggunakan kata-kata unik atau bahkan pelanggaran untuk membuat iklan itu berbeda dari yang lain. Analisis dari penelitian ini difokuskan pada pelanggaran dari empat maksim percakapan. Keempat maksim itu adalah maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim cara berbicara, dan maksim relevansi. Iklan memiliki ideologi yang ingin dianalisis pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini terletak pada pelanggaran maksim yang ditemukan pada iklan obat. Sumber data diambil dari www.youtube.com. Metodelogi penelitian ini adalah dokumentasi dan observasi, yang akan dianalisis secara kualitatif. Metode pengumpulan data dianalisis dengan teori linguistik, Grice (1975) untuk pelanggaran maksim, dan Storey (2003) untuk ideologi. Hasil penelitian akan disajikan secara informal.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: D4 > Manajemen Perhotelan
Depositing User: Kadek Ayu Ekasani
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:40
Last Modified: 09 Feb 2023 08:40
URI: http://repository.ipb-intl.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item View Item